Beranda | Artikel
Tafsir Beberapa Surat Populer
Sabtu, 15 Februari 2020

Menjadi seorang muslim tidak cukup dengan pengakuan semata. Diperlukan lebih dari sekedar pengakuan untuk bisa menjadi seorang muslim yang sejati, seorang muslim yang lebih dari sekedar nama semata. Agar bisa menggapai cita-cita mulia tersebut tentulah tidak mudah, kita harus benar-benar berpegang teguh dengan Qur’an dan Sunnah untuk bisa melaksanakannya.

Dalam kaitannya dengan berpegang teguh dengan Qur’an, tentulah setiap kita ingin dan merasa perlu untuk berpegang teguh dengan kitab suci penutup seluruh kitab lainnya ini. Yang jadi masalah? Bagaimana cara agar kita bisa benar-benar berpegang teguh dengannya? Tentu saja sebagai langkah pertama kita harus memahami isinya dengan baik, lalu selanjutnya kita berusaha mengamalkannya dan mendakwahkannya.

Untuk membantu kita agar memahami Qur’an dengan baik, banyak yang bisa kita lakukan. Di antaranya mengikuti pengajian yang membahas tafsir al-Qur’an di sekitar kita. Jika tidak sempat, sebagai alternatif bisa membaca sajian tafsir Qur’an dari situs TafsirWeb yang insyaaAllah cukup lengkap. Di dalamnya Anda bisa menemukan tafsir dari Kementrian Agama RI, dari Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan lain sebagainya.

Adapun beberapa tafsir Quran yang kami sarankan untuk dibaca dari situs TafsirWeb antara lain tafsir surat-surat berikut:

  1. Surat al-Fatihah. Jangan sampai terlewat untuk dipelajari, surat yang kita baca minimal 17 kali dalam sehari semalam harus benar-benar kita pahami. Jangan sampai kita hanya hapal di bibir tanpa memahami maknanya.
  2. Surat al-Baqarah. Bukan hanya sebagai surat yang paling panjang yang membuat surat ini menjadi istimewa, akan tetapi kandungannya yang banyak berisikan prinsip aqidah dan berbagai hukum kehidupan.
  3. Surat Yasin. Tafsir surat ini sangat kami sarankan dikarenakan sangat populer di Indonesia. Banyak ummat Islam di Indonesia rutin membaca surat ini di setiap pekan dan dalam berbagai event lainnya. Yang jadi masalah, sudahkah paham artinya? Jika belum, cobalah dibaca. Sebagai catatan, kami telah membahas hukum Yasinan pada beberapa artikel sebelumnya.
  4. Surat al-Kahfi. Selain surat Yasin, al-Kahfi merupakan surat yang rutin dibaca oleh berbagai kalangan di setiap pekannya. Maka perlu juga untuk kita ketahui makna dan kandungannya.
  5. Surat al-Waqiah. Surat ini juga perlu diketahui tafsirnya dikarenakan banyak di antara kita yang berusaha membaca ayat ini secara rutin dikarenakan ada hadits yang menyebutkan fadhilah surat ini. Terlepas status haditsnya dan hukumnya, karena banyak yang membacanya maka kami sarankan juga untuk mengetahui tafsirnya dengan baik.
  6. Surat ar-Rahman. Surat yang satu ini juga populer, dikarenakan susunan ayat-ayatnya yang indah dan mempesona. Para imam di berbagai masjid sering membaca surat ini saat shalat berjama’ah, maka tentunya layak untuk kita pelajari agar mengerti apa yang dibaca oleh imam di saat shalatnya.
  7. Surat al-Mulk. Inilah surat yang disarankan untuk dibaca menjelang tidur. Dan karena tiap hari kita pasti tidur, maka sudah selayaknya kita mencoba merenungi dan menyibak makna di balik surat yang mulia ini.
  8. Surat adh-Dhuha. Surat ini banyak dibaca di kala shalat dhuha. Mungkin karena namanya mirip menyebabkan saat kita melakukan shalat dhuha menjadi teringat dan membacanya. Karena sering dibaca jangan sampai dilewat belajar tafsirnya.
  9. Surat an-Naba. Jujur saja yang paling sering dibaca oleh kita mungkin adalah surat-surat di Juz 30 atau disebut juga Juz Amma. Kata amma sendiri diambil dari kata pertama di dalam surat an-Naba ini, menjadikan surat ini memiliki makna spesial tersendiri.
  10. Surat Yusuf. Ini adalah surat yang berisikan kisah terbaik dalam Qur’an, sebagaimana disebutkan pada ayat ke-3 di dalam surat ini. Apa kisahnya? Apa hikmahnya? Pelajari dengan membaca tafsirnya.

Luangkan waktu untuk membacanya, memahaminya dan merenungi maknanya. Mudah-mudahan membawa manfaat ilmu yang dapat kita amalkan dalam kehidupan kita.


Artikel asli: https://almanhaj.or.id/14445-tafsir-beberapa-surat-populer.html